jump to navigation

Sistem Keselamatan Instalasi Produksi Migas Daratan September 25, 2009

Posted by nzafee in Safety.
trackback

Industri minyak dan gas bumi (migas) memiliki daya tarik yang besar, terkait keuntungan yang ada di sana. Namun, berbanding lurus dengan keuntungannya, besarnya investasi dan resiko yang ada menjadi sebuah hal yang sangat perlu mendapat perhatian. Maka dari itu, organisasi-organisasi professional yang telah memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang migas telah menetapkan beberapa persyaratan keselamatan.

Di dalam dokumen rekomendasi API (American Petroleum Institute) 14 C (Analysis, Design, Instalation and Testing of Basic Surface Safety System for Offshore Production Platform), dijelaskan beberapa hal petunjuk-petunjuk pelaksanaan kerja yang aman untuk instalasi migas di daratan, di antaranya adalah dengan mengenai sistem keselamatan permukaan.

Tujuan dari sebuah sistem keselamatan permukaan instalasi produksi adalah untuk melindungi para pekerja, lingkungan dan fasilitas produksi dari ancaman keselamatan yang diakibatkan oleh proses produksi.

Sedangkan tujuan dari analisa keselamatan adalah untuk mengidentifkasi kejadian yang tidak diinginkan (undesirable event) yang bisa mengancam keselamatan dan menentukan jenis perlindungan yang akan mencegah atau mengurangi efek jika kejadian tidak diinginkan tersebut terjadi.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: