jump to navigation

Earth Bonding October 19, 2009

Posted by nzafee in DUNIA MIGAS.
trackback

Rangkuman Diskusi dari Migas Indonesia

Oleh Administrator

Tanya – Cak Hud

Bapak2 / Ibu2 Yth,

Mohon pencerahannya,

Ini mengenai electrical bonding to equalize the (electrical) potential yg mungkin terjadi antara ship dengan jetty head pada saat kita mentransfer hydrocarbon liquid dari plant ke ship. Pertanyaan saya dalam kasus ini adalah, apakah earth bonding tersebut memang diperlukan? Kalau jawabannya ‘ya’, kira2 ini me-refer ke standard apa ya?

Tanggapan 1 – ryan mefiardhi

Coba ini pak HD :

mungkin ini bukan standard..APIRP2003, OCIMF International Safety Guide for Oil Tankers and Terminals, BS EN 1474.

Tanggapan 2 – ryan mefiardhi

Pak HD,

Ini ada tambahan informasi :

Sebagian pengalaman menyebutkan bahwa tidak praktis lagi pemakaian bonding antara jetty dan tanker karena alasan issue beda potensial karena cathodic protection. Namum kekhawatiran ini hanya muncul karena bonding koneksi yang tidak baik akan menimbulkan spark. bonding intinya sangat diperlukan utk menyamakan tegangan didua titik sehingga tidak ada beda potensial diantara keduannya. Tegangan lebih yang terjadi di jetty misalnya harus disama rasakan di tanker melalui bonding di loading arm, sehingga keduanya memiliki tegangan yang sama dan beda tegangan menjadi 0. Untuk menjaga keberlangsungan ini, perlu dilakukan perawatan berkala pada bonding wire and connectionnya. Alasan lain kekhawatiran bila bonding/grounding berdampak terhadap kinerja chatodic protection dapat diatasi dengan memasang undirect bonding. Bonding dengan wire/cable adalah direct bonding. Untuk bonding yang hanya bekerja sebagai bonding dalam keadaan terkena tegangan lebih (dlm keadaan terbuka open circuit) dapat digunakan spark gap/arrester dengan kelas hazardous area yang sesuai.

Ini saya quote dari buku BP process safety series – hazard of electricity and static electricity (buku ini dijual untuk umum). Kurang lebih isinya sama dengan diatas:

Ship to shore bonding wire :

ISGOTT (international safety guide for oil tankers and terminal) does not recommend a bonding wire between ship and shore. The bonding wire has no relevance to electrostatic charging. Its purpose was to attemp to short circuit the ship/shore electrolytic chathodic protection systems so that current in hoses and metal arms would be negligible. It has been found to be quite length of non conducting hose is recommended to prevent the flow of current between the ship and shore. Refer to ISGOTT for more detail.

Note : Although the potential dangers of using a ship/shore bonding cable are widely recognized, attention is drawn to the fact that some national and local regulations may still require a bonding cable to be connected. If a bonding cable is insisted upon, it should be first inspected to see that it is mechanically and electrically sound. The connection point for the cable should be well clear of the manifold area. There should always be a switch on the jetty in series with the bonding cable and of a type suitable for use in a zone 1 hazardous area. It is important to ensure that the switch is always in the “off” position before connecting or disconnecting the cable. Only when the cable is propely fixed and in good contact with the ship should the switch be closed. The cable should be attached before the cargo hoses are connected and removed only after the hoses have been disconnected.

Tanggapan 3 – Cak Hud

Pak Ryan,

Terima kasih atas pencerahannya, komplit banget dengan reference standard sekali….

http://www.migas-indonesia.com

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: