jump to navigation

Mengatasi UnderVoltage saat Dip Power pada Inverter October 19, 2009

Posted by nzafee in DUNIA MIGAS.
trackback

Tanya – Hendri D

Selamat pagi buat semua nya…

Saya mempunyai beberapa AC Drive dengan kapasitas kecil dan besar di plant, dgn kapasitas dari 1.5 KW s/d 110 Kw. Masalah nya jika terjadi dip power pada Line Incoming Voltage, AC Drive dengan kapasitas yg besar (55 KW, 90 Kw & 110 Kw) selalu fault undervoltage, sedangkan AC Drive dgn kapasitas di bawah itu, tetap running ON. Pertanyaan saya:

1. Adakah solusi untuk mengatasi supaya tdk terjadi undervoltge pada saat dip power saja, tanpa men disabble kan parameter undervoltage?

2. Apakah saya hrs menambah perangkat lain lagi untuk mengatasi nya?

3. Apakah saya hrs menambah capasitor bank pada DC-Link? Dan jika saya harus menambah, adakah formula untuk mencari nilai kapasitor yg hrs di tambah?

Mungkin dari rekan2 semua ada yang bisa membantu saya untuk menghadapi masalah ini. Atas bantuan nya saya memngucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – Triez

Dear pak Hendri,

Wah saya yakin akibatnya ga cuma di undervoltagenya aja ya,pak klo dip,pasti ke stabilsator arus DC sama VSD nya juga kena (klo motornya pake VSD ).

Tapi klo pake kapacitor apa ngga “ngelock” ya..karena masih ada arus sisa pada coil..memang harus pas banget akhirnya settingan t ,nya tar..

Saya belum pernah coba aktualnya,cuman coba aja klo rumusannya bisa dirunut dari teori dasar dulu,pak..dari teori muatan kan I=Q/t,pak..t,berbanding terbalik sama frekuensi, f= 1/t,klo kita combine kan jadi I=Qf ato Q=I/f.

Klo saya ga salah ya,pak..Q=CV, atau C=Q/V, otomatis kan bisa kita substitusikan formula diatas jadi C = I /(f V).

Nah mungkin dari situ,pak,kira2 bapak bisa dapet nilai kapasitornya yg pas,seperti yg bapak minta. Terus terang saya juga belum pernah nyoba,hanya nyambung2in aja… semoga membantu.

Tanggapan 2 – Hendri D

Benar pak triez, selain tegangan turun pada saat dip, supply arus dc pd capacitor juga di bus link pasti turun dengan load yang sama. Thanx buat inputan nya pak.

Tanggapan 3 – BASORI ALWI

Urun rembuk…kalo salah tlg di koreksi.

Menurut saya jgn langsung kita lakukan perubahan setingan atau penambahan capasitor atau apalah yang berhubungan dengan setingan awal…..

menurut saya harus di lihat kebelakang…apakah hal tersebut sdh tyerjadi mulai awal plant tersebut berdiri….

atau pada saat ada modifikasi atau penambahan pada beban mechanical AC drive tersebut… Saya py pengalaman.. pompa utk pendingin H2 pada generator yang standby sering cut in pada saat ada dip seperti itu…

patokan awal kita pada V/F and pompa trsbt emang habis ada repair….jadi kita lakukan chek ke pompa dulu..dan hasilnya bagus…sekarang da ga pernah cut in lagi.

http://www.migas-indonesia.com


Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

